Kamis, 24 Desember 2015

Kriteria Siswa Berprestasi

Hello, everybody!

Dalam kesempatan kali ini, kita bakal membahas mengenai kriteria siswa berprestasi. Tapi sebelum masuk ke topik yang di bahas, ada baiknya kita tanya dulu pada diri kita masing-masing (Yaelah...). Siapa sih, yang ga mau jadi siswa yang berprestasi? Pastinya mau lah yaa...


Well, kita langsung masuk ke pembahasannya. McClelland (dalam Marwisni Hasan 2006) menyatakan bahwa orang yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi, mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai tanggung jawab pribadi.

Siswa yang mempunyai motivasi berprestasi akan melakukan tugas sekolah atau bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Biasanya keliatan pas pagi2 udah masuk sekolah, yang lupa (atau malah kaga tau) sama tugasnya nyontekin tugas si siswa/i yg udah ngerjain tugas. Nah, yang beginian nih udah ga tanggung jawab ama tugasnya. Makanya, tugas itu ngerjainnya di rumah, bukan di sekolah! 'eh maksudnya harus tanggung jawab sama tugasnya... -_-
  • Menetapkan nilai yang akan dicapai atau menetapkan standar unggulan.
    (Udah. Jangan dibahas ntar ga ngerti.... -_-)
  • Berusaha bekerja kreatif.Siswa yang bermotivasi tinggi, gigih dan giat mencari cara yang kreatif untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Nah, yang ini yang perlu dituntut dari seorang siswa/i berprestasi. Mau gimana pun juga kondisinya, ada aja ide-ide segar yang muncul dari kepala (SFX: Clingg...)
  • Berusaha mencapai cita-citaSiswa yang mempunyai cita-cita akan berusaha sebaik-baiknya dalam belajar atau mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar. Yang ini adalah yang paling sering kita denger, kita lihat, kita hayati, kita resapi, bleh bleh bleh & paling mainstream tentunya. Tapi inilah poin penting yang harus ada dalam kriteria siswa berprestasi. Bukannya ga mungkin, dengan usaha & do'a kita bisa sukses menjadi siswa berprestasi. Karena usaha tanpa do'a itu ga berkah, do'a tanpa usaha itu sia-sia. #eaaa
  • Memiliki tugas yang moderat.
    (Intinya tugasnya ga berat & ga ringan, sedang2 aja lah...).
  • Melakukan kegiatan sebaik-baiknyaSiswa yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi akan melakukan semua kegiatan belajar sebaik mungkin dan tidak ada kegiatan lupa di kerjakan. Siswa membuat kegiatan belajar dari mentaati jadwal tersebut.

  • Mengadakan antisipasi.Mengadakan antisipasi maksudnya melakukan kegiatan untuk menghindari kegagalan atau kesulitan yang mungkin terjadi. Kalo misalkan ada hal yang ga diinginkan, selalu banyak cara buat mengatasi masalah yang ada. Pokoknya, seribu satu masalah, segudang ide dia punya.
     

         And that's all, Itulah beberapa kriteria siswa berprestasi. Semoga bermanfaat dan dijadikan pedoman untuk menjadi siswa berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar